Ms. Excel dan Ms. Word: Menampilkan Baris Pertama Tabel pada Setiap Halaman dengan Print Titles dan Repeat Header Rows

Ms. Excel dan Ms. Word: Menampilkan Baris Pertama Tabel pada Setiap Halaman dengan Print Titles dan Repeat Header Rows

“Bahkan Meskipun Hanya Kuasai Ms. Office, itu Sudah Sangat Luar Biasa”

Kalimat itulah yang selalu menjadi motivasi saya dalam mempelajari Office. Jangan dulu Macro, terlebih Desktop ProgrammingWeb Programming atau bahasa program lainnya. Cukup mempelajari Office dasar secara menyeluruh, dan akan banyak yang dapat kita lakukan. Setidaknya itu pendapat dan pengalaman pribadi saya.

Passion. Adalah satu kata yang dapat menjawab kenapa saya sangat berusaha mempelajari Office dan terus berusaha mengembangkan kemampuan. Selain karena tuntutan pekerjaan, terdapat suatu kepuasan dan rasa bangga tersendiri bila mampu membantu teman-teman lain yang kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan. Terlebih memberi saran kepada teman-teman lain yang masih “Manual” dalam mengolah Tulisan dan Angka.

Sesuai dengan namanya, Microsoft Office dibuat untuk memudahkan pekerjaan-pekerjaan perkantoran. Dikutip dari Wikipedia, Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint. Kenapa ketiga aplikasi ini yang paling familiar? Jawabannya jelas, menurut saya, tidak ada satu kantor pun yang tidak menggunakan salah satu atau ketiga aplikasi Office tersebut. Bila pun ada kantor yang tidak menggunakan Office, mungkin mereka menggunakan aplikasi sejenis yang dibuat oleh vendor lain, seperti WPS Office atau yang lainnya.

Menilik fitur aplikasi Office ini, tidak akan cukup rasanya kita bahas dalam satu post. Namun dalam tulisan singkat ini, saya ingin membahas terkait dengan pembuatan tabel dalam Word dan Excel. Fokus pada kustomisasi tabel sehingga bagian kepala tabel (header) pada tabel dengan panjang lebih dari satu halaman dapat terus tampil.

Kenapa menjadi cukup penting? Mari kita kembali ke pengertian tabel.

Tabel adalah daftar yang berisikan ikhtisar dari sejumlah data informasi yang umumnya berupa bilangan atau kata-kata yang secara bersistem tersusun, urut ke arah bawah dalam deret dan lajur tertentu dan terdapat garis pembatas sehingga bisa disimak dengan lebih mudah. Untuk memahami isi tabel sendiri bisa dilakukan lewat pemahaman pada fakta yang ada di dalam tabel. Tabel ini terdiri dari kolom yang memanjang ke arah kanan dan juga baris yang memanjang ke arah bawah. Kolom dan juga baris ini kemudian dihubungkan dengan isi tabel yang berupa data.

Dalam kondisi tertentu, data yang harus ditampilkan sangat banyak bahkan lebih dari 1 (satu) halaman. Sementara judul setiap kolom hanya ada pada halaman pertama. Bila judul kolom tidak ditampilkan pada setiap halaman, hal tersebut akan menyulitkan pembaca data mengetahui data apa yang ditampilkan dalam kolom-kolom tersebut.

Bagaimana cara menampilkan judul kolom pada setiap baris pertama halaman pada laporan kita?

  1. Dalam Ms. Excel, menggunakan fitur Print Titles, pada menu Page Layout.
  2. Dalam Ms. Word, menggunakan fitur Repeat Header Rows, pada menu Kustomisasi Tabel.

Langkah-langkahnya tidak terlalu sulit, sebagaimana tertampil pada video berikut:

Video Langkah-Langkah Menerapkan Print Titles dan Repeat Header Rows

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=jQpvfZtN1ck?ecver=1&w=560&h=315]

PUSTAKA:

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Office

 

Leave a Reply