Semangat Membangun Bersama Masyarakat Desa – Revolusi Dari Desa (Dr. Yansen TP., M.Si)

Semangat Membangun Bersama Masyarakat Desa – Revolusi Dari Desa (Dr. Yansen TP., M.Si)

Seorang Praktisi dan Akademisi menyatu dalam Satu Raga

Sebuah kalimat yang pantas untuk menggambarkan impresi Saya atas buku ini. Revolusi Dari Desa, Saatnya dalam Pembangunan Percaya Sepenuhnya kepada Rakyat, oleh Dr. Yansen TP., M.Si ini memang merupakan buku ‘lawas’ terbitan tahun 2014. Tapi mengingat saat ini merupakan saat-saat terakhir periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Beliau terpilih kembali menjadi Presiden Republik Indonesia bersama KH. Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia), dan salah satu gebrakan program Beliau adalah Dana Desa, buku ini menjadi cukup relevan kembali.

Dr. Yansen TP., M.Si, penulis buku ini merupakan Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara II Periode (2011-2016 dan 2016-2021) yang mengawali karir sebagai PNS di Kantor GUbernur dan Staf Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Timur ini merupakan lulusan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Samarinda dan meraih gelar Doktor dari Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Sebagai seorang politisi yang mengawali karir dari birokrat murni, menjadikannya tidak hanya sangat memahami teori akademis namun juga sangat faham praktek-praktek dalam pemerintahan. Hal tersebut tergambar secara jelas dalam uraian-uraian pengalamannya dalam mengembangkan program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) di Kabupaten Malinau.

Buku terbitan PT Elex Media Komputindo ini mengulas banyak hal sehubungan dengan konsep pembangunan yang benar-benar mencerminkan “Dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat” ini. Di awali dengan bahasan pembangunan mulai dari teori dan telaahan kritisnya, hingga pada pilar-pilar pembangunan yang diterapkan di Kabupaten Malinau terpapar jelas. Hingga pembahasan mengenai peran-peran stakeholder terkait dalam mensukseskan pembangunan dapat kita pelajari.

GERDEMA atau Gerakan Desa Membangun merupakan suatu konsep pembangunan berbasis masyarakat yang penerapannya dimulai dari Desa. Dalam buku ini dijelaskan secara cukup mendetail perihal unsur-unsur penunjang revolusi dari desa tersebut. Peran pemerintah dalam membentuk kebijakan, melakukan pembinaan kepada masyarakat mulai  dari tingkat  terbawah yaitu desa. Peran masyarakat dan swasta menunjang kesejahteraan masyarakat dari desa.

Tidak kalah pentingnya nilai Kepemimpinan dalam melaksanakan program ini juga diulas secara baik. Kemampuan pemimpin dalam mengelola (managerial) tugas sesuai dengan tupoksi, kemampuan pemimpin dalam berperilaku dan keteladanan, dan tidak lupa arti penting kompetensi bagi seorang pemimpin.

Singkatnya, ulasan-ulasan dalam buku berkode  ISBN : 978-602-02-5099-1, ini sangat real, karena kajiannya tidak hanya tataran teoritis dan akademis, namun juga tataran praktek dan pengalaman yang sudah teruji.

Sebagai seorang birokrat pemula, tentu Saya sangat  bersyukur pernah membaca buku ini. Pembahasan-pembahasan dalam buku ini bagi Saya cukup praktis, tidak mengambang karena dilandaskan pada pengalaman nyata penulisnya. Buku ini juga merupakan bukti nyata bahwa konsep “dari rakyat, oleh rakyat, untuk  rakyat” dapat dilaksanakan secara nyata, terlepas dari tinggi atau rendahnya tingkat keberhasilan pelaksanaannya.

Ulasan saya ini murni pendapat pribadi setelah membaca buku Revolusi Dari Desa ini. Tidak banyak kritik dapat diberikan, karena fokus Saya saat mempelajarinya adalah untuk mengambil pengalaman dari Senior (Saya juga merupakan alumni Sekolah Kedinasan yang sama, IPDN). Pengalaman yang disandingkan dengan konsep teori yang kuat tentu menarik untuk dipelajari. Dan pengalaman juga merupakan guru yang terbaik, terlepas dari siapa pemilik pengalaman itu. Sekian.

Leave a Reply