Di era perkembangan teknologi dan informasi yang pesat seperti saat ini, keberadaan konten digital semakin meluas dan semakin mudah diakses oleh siapa pun. Tentu hal ini baik, karena informasi menjadi dapat diperoleh dengan mudah. Namun demikian, risiko besar juga membayangi yaitu adanya masalah plagiarisme atau penjiplakan konten tanpa izin.

Plagiarisme bukan hanya melanggar hak cipta, tetapi juga dapat merusak reputasi penulis dan pemilik konten yang asli. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa artikel yang kita buat adalah orisinal dan bebas dari plagiarisme. Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang cara cek plagiarisme artikel secara online dan beberapa website penyedia jasa cek plagiarisme online yang dapat membantu Anda memverifikasi keaslian konten Anda sebelum diterbitkan.

Apa itu Plagiarisme?

Merujuk pada laman KBBI Online, plagiat atau plagiarisme merupakan tindakan pengambilan karangan atau pendapat dari orang lain dan menjadikannya seolah-olah menjadi karangan atau pendapat sendiri.[1]

Sementara itu, menurut Silverman sebagaimana dikutip dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan menyebutkan bahwa plagiarisme atau plagiasi adalah menulis fakta, kutipan, atau pendapat yang didapat dari orang lain atau buku, makalah, film, televisi, atau tape tanpa menyebutkan sumbernya.[2]

Sehingga dapat dipahami pula bahwa tindakan plagiat atau plagiarisme merupakan tindakan menyalin, menjiplak, atau menggunakan kembali konten orang lain tanpa memberikan kredit atau izin. Tindakan plagiarisme dapat mencakup plagiasi teks, gambar, video, atau sumber daya lainnya.

Tindakan plagiarisme tentu sangat merugikan baik bagi pemilik konten yang asli maupun bagi mereka yang tidak sengaja melakukan plagiarisme.

Mengapa Perlu Cek Plagiarisme Online?

Telah saya sebutkan di atas, bahwa tindakan plagiarisme mencakup pada beberapa hal seperti teks, gambar, video dan sebagainya. Pada artikel ini, saya akan membagikan bagaimana kita menghindari plagiarisme dalam bentuk tulisan.

Sebagai penulis atau penerbit konten, cek plagiarisme secara daring (online) tentu menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa artikel yang Anda hasilkan adalah artikel yang orisinal dan tidak melanggar hak cipta orang lain.

Ini juga membantu Anda menghindari potensi masalah hukum dan menjaga reputasi baik dalam dunia maya.

Tips Mencegah Plagiarisme

Terdapat beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menghindari plagiarisme dari tulisan-tulisan yang kamu buat. Berikut adalah di antaranya:

  1. Selalu cantumkan sumber referensi dengan benar;
  2. Gunakan tanda kutip ketika mengutip langsung dari sumber lain; dan
  3. Jika perlu, gunakan situs cek plagiarisme sebelum publikasi.

Website Cek Plagiarisme Online

Memeriksa plagiarisme tulisan secara online menjadi salah satu opsi yang baik untuk memeriksa apakah tulisan kita termasuk orisinal dan terbebas dari plagiasi. Berikut beberapa website yang menyediakan jasa cek plagiasi dari tulisan-tulisan kita.

Dupli Checker (https://www.duplichecker.com/)

Dupli Checker adalah salah satu alat cek plagiarisme online yang cukup populer. Dengan antarmuka yang sederhana, kamu dapat dengan mudah memeriksa keaslian artikel atau teks yang ingin Anda periksa.

Cukup salin dan tempelkan teks atau unggah file dokumen, lalu Dupli Checker akan melakukan analisis untuk mendeteksi kemiripan dengan konten lain di internet.

Small SEO Tools (https://smallseotools.com/)

Small SEO Tools menawarkan beragam layanan SEO, dan salah satunya adalah alat cek plagiarisme. Fitur cek plagiarisme pada Small SEO Tools ini memungkinkan Anda untuk memeriksa hingga 1000 kata sekaligus secara gratis. Selain itu, Small SEO Tools juga memberikan persentase kemiripan dan sumber referensi yang terdeteksi.

Plagiarisme Detector (https://plagiarismdetector.net/id)

Plagiarisme Detector adalah alat cek plagiarisme lainnya yang bisa Anda gunakan. Situs ini menawarkan beberapa metode untuk memeriksa keaslian konten, termasuk memeriksa satu paragraf atau melakukan analisis keseluruhan artikel. Keakuratan hasilnya juga patut diperhitungkan.

Catatan: Konten yang diposting ulang dari laman https://tekno.danisuluhpermadi.web.id.

Referensi:

[1] https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/plagiat

[2] https://teknik.unpas.ac.id/blogs/apa-itu-plagiarisme/

Share:
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments