Bekerja sebagai ASN ataupun pegawai kantoran lain tentu tidak menghalangi kita dalam menyalurkan hobi. Ada ASN atau pegawai kantoran yang memiliki hobi menulis, membuat podcast, fotografi ataupun videografi dan masih banyak lagi.

Apakah kamu salah satunya yang memiliki hobi menulis dan ingin dapat memperoleh penghasilan pasif dari tulisan-tulisan tersebut? Bila iya, tidak ada salahnya kamu memilih blog sebagai wadah untuk menulis. Karena di samping tulisan kamu dapat dibaca oleh orang lain seantero dunia, kamu bisa memonetisasi blog agar bisa memperoleh penghasilan tambahan dari iklan.

Memilih blog bisa menjadi urusan yang gampang-gampang susah. Kemudahan penggunaan, popularitas hingga adanya grup-grup di media sosial untuk sharing informasi perlu untuk kamu pertimbangkan.

Berikut adalah penyedia blog gratis yang cukup populer yang dapat kamu pertimbangkan dan pilih sebagai layanan blogging kamu.

5 Penyedia Jasa Blog Terpopuler

WordPress

Tidak salah lagi wordpress merupakan salah satu penyedia jasa blog yang paling populer. Dari salah satu sumber, wordpress menguasai 30% pangsa pasar blog dunia. Nama wordpress sebagai penyedia blog di Indonesia juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Pencarian keyword  wordpress di Indonesia dapat mencapai 90.500 per bulan (berdasarkan data ubersuggest).

WordPress mempunyai 2 layanan, yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

WordPress.com merupakan layanan penerbitan blog gratis di mana kamu akan memperoleh subdomain dari wordpress. Meski memiliki keterbatasan dalam menggunakan plugin dan tema, wordpress.com dapat menjadi milestone kamu dalam memasuki dunia blogging.

Sementara itu, wordpress.org adalah sebuah Content Management System (CMS) yang juga dikenal sebagai WordPress Self Hosted, karena kamu harus menyediakan web hosting terlebih dahulu.

Dukungan dari grup – grup diskusi terkait wordpress di media sosial terutama Facebook sangat banyak. Salah satunya Grup WordPress Indonesia. Dengan anggota sebanyak 62.169 (pada 15 Maret 2021), grup ini cukup aktif dengan tanya jawab setiap harinya.

Akses situs WordPress : https://wordpress.org/ atau https://wordpress.com/

Blogger

Blogger merupakan penyedia layanan blog yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Platform blog ini seluruhnya gratis dan kamu dapat memperoleh subdomain blogspot.com. Pencairan keyword  blogger di Indonesia juga cukup besar, yakni 673.000 pencarian per bulan.

Dengan menggunakan blogger kamu dapat mengunggah tema dan widget khusus. Selain itu  kamu juga dapat mengedit kode sumber blog seperti HTML, CSS, dan Javascript di dalam Blogger. Dengan demikian, kamu dapat lebih mudah untuk memonetisasi blog kamu. Bahkan salah satu keunggulan Blogger menurut saya adalah disediakannya menu Earnings sebagai bentuk kemudahan untuk monetisasi blogger.

Grup tentang Blogger di Facebook cukup banyak. Salah satu yang terpopuler adalah Grup Blogger Indonesia dengan 111.000 anggota.

Akses situs Blogger : http://blogger.com/

Medium.com

Medium.com merupakan salah satu penyedia jasa blog gratis yang berfokus pada pengalaman membaca. Untuk dapat mulai menulis dan membuat artikel, kamu cukup mendaftar di website Medium. Kamu dapat melakukan kustomisasi header, favicon, dan tata letak posting kamu. Meski bisa, proses monetisasi di Medium cukup sulit dilakukan.

Pencarian keyword  medium di Indonesia dapat dikatakan cukup besar. Yaitu 33.100 pencarian per bulan.

Akses situs Medium.com : https://medium.com/

Tumblr

Tumblr merupakan salah satu penyedia jasa blog gratis yang menjadi idola bagi beberapa blogger. Mereka menganggap bahwa platform ini memberikan visualisasi yang sangat menarik. Konten seperti gambar, video, musik, dan beberapa lainnya dapat ditampilkan dengan mudah. Tumblr tentu sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat blog yang banyak membagikan konten multimedia tersebut.

Meski mungkin tidak sepopuler WordPress dan Blogger, nyatanya pencarian tentang Tumblr per bulannya cukup banyak, yaitu 165.000 per bulan.

Akses situs Tumblr : https://www.tumblr.com/

Weebly

Weebly dapat membantu kamu untuk menyusun/membangun website secara cepat dan bahkan tanpa melakukan coding. Kamu dapat membuat website pribadi, bisnis, event, portofolio, dan blog. Tersedia juga beberapa tema yang bisa digunakan langsung tanpa harus menyusunnya dari awal.

Kemudahan menjadi sesuatu yang ditawarkan oleh Weebly. Weebly menawarkan pengembangan website dengan drag dan drop saja, sehingga kamu bisa menyesuaikan tampilan tanpa harus berurusan dengan baris kode.

Pencarian Weebly di Indonesia tidak terlalu banyak, meski juga tidak bisa dikatakan sedikit. Yaitu sekitar 8.100 per bulan.

Akses situs Weebly : https://www.weebly.com/

Catatan: Konten yang diposting ulang dari laman https://tekno.danisuluhpermadi.web.id.

Referensi:

https://www.searchenginejournal.com/business-benefits-of-blogging/377747/#close (gambar)

Share:
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments